Diagnosis Demam Scarlet dan Pengobatannya

Posted on

Demam scarlet atau scarlatina adalah demam yang disertai ruam merah pada kulit yang disebabkan infeksi bakteri Streptococcus. Penyakit ini paling sering menimpa anak-anak yang berusia 5-15 tahun.

Demam scarlet biasanya disertai dengan radang tenggorokan dan demam tinggi. Penyakit ini dapat berdampak kepada kondisi ginjal, jantung, dan anggota tubuh lainnya jika tidak segera diobati dengan antibiotik.

Diagnosis Demam Scarlet dan Pengobatannya
http://www.caracepatmengobati.web.id

Diagnosis Demam Scarlet

Mengingat demam scarlet yang biasa berkembang pada pengidap radang tenggorokan, maka dokter akan mengecek keadaan tenggorokan, lidah, dan amandel pasien untuk gejala penyakit ini sebagai salah satu bentuk pemeriksaan awal. Setelah itu, dokter akan mengecek tekstur dari ruam kulit yang muncul (bila ada), dan apakah terdapat pembesaran atau pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Dokter dapat mengambil sampel dari amandel dan belakang tenggorokan pasien untuk mengetahui dan memastikan apakah gejala tersebut disebabkan oleh bakteri yang memicu demam scarlet.

Pengobatan Demam Scarlet

Langkah pengobatan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan, mengurangi masa rentan pasien untuk menularkan kepada orang lain, dan mengurangi risiko terjadinya komplikasi.
Dokter akan memberikan terapi antibiotik selama 10 hari untuk menangani penyakit ini. Jenis antibiotik yang umumnya diberikan adalah golongan penisilin. Jika penderita alergi penisilin, maka golongan antibotik erithromicin akan diberikan sebagai alternatif.

Pastikan pasien menyelesaikan seluruh periode pengobatan hingga tuntas agar infeksi dapat hilang dan sembuh sepenuhnya sehingga pasien terhindar dari komplikasi. Penderita anak-anak dapat kembali ke sekolah dalam kurun waktu 24 jam setelah mendapat antibiotik dan tidak lagi mengalami demam. Secara umum, demam scarlet akan membaik dalam waktu satu minggu tanpa terapi, dan 4-5 hari dengan terapi.

Beberapa penanganan sendiri di rumah juga bisa dilakukan agar pasien merasa lebih nyaman sehingga dapat turut mengurangi rasa sakitnya, seperti menyiapkan kecukupan asupan cairan untuk menjaga kelembapan tenggorokan dan membantu mencegah dehidrasi. Upaya meredakan demam dan sakit tenggorokan juga bisa dilakukan dengan pemberian obat-obatan, seperti ibuprofen dan acetaminophen. Langkah-langkah lainnya, yaitu:

  1. Siapkan larutan air garam untuk dikumur-kumur. Upaya ini efektif dalam membantu meringankan sakit tenggorokan.
  2. Permen pelega tenggorokan juga bisa digunakan untuk meredakan radang tenggorokan.
  3. Gunakan alat yang dapat menghilangkan udara kering pemicu radang tenggorokan. Pastikan juga sirkulasi udara di dalam ruangan terjaga
  4. Hindari pemicu iritasi lain, seperti asap rokok, dan produk pembersih.
  5. Sediakan makanan yang nyaman bagi tenggorokan, seperti sup hangat dan hidangan dingin kecil, seperti es batangan untuk menyejukkan radang tenggorokan.
  6. Gunakan losion dengan kandungan calamine atau antihistamin untuk meredakan gatal yang muncul.
  7. Hindari mengelap penderita dengan air dingin. Air dingin menyebabkan kontraksi pembuluh darah sehingga mengurangi pelepasan panas akibat demam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *