Gejala Demam Scarlet dan Pengobatannya

Posted on

Gejala demam scarlet umumnya memiliki ruam hampir di seluruh tubuhnya. Ruam ini terlihat seperti luka bakar akibat sengatan matahari dan terasa kasar. Ruam juga bisa terasa gatal pada sebagian kasus. Jika area ruam ditekan, maka warna kulit akan menjadi pucat.

Gejala Demam Scarlet dan Pengobatannya
http://www.caracepatmengobati.web.id

Ruam dapat menyebar dari area wajah ke leher, tubuh, lengan, hingga kaki. Beberapa gejala lain yang menyertai demam scarlet, yaitu:

  1. Demam tinggi, yaitu mencapai 38,3 derajat Celcius atau lebih, sering disertai menggigil.
  2. Pusing.
  3. Pembesaran kelenjar getah bening di leher.
  4. Radang pada tenggorokan disertai adanya bercak putih atau kekuningan di area tersebut.
  5. Susah menelan.
  6. Mual atau muntah.
  7. Warna kulit wajah yang memerah dengan lingkaran kulit yang berwarna lebih pucat di sekeliling mulut.
  8. Lidah yang berwarna kemerahan disertai benjolan-benjolan kecil seperti buah stroberi. Di tahap awal penyakit biasanya sering disertai lapisan putih pada permukaan lidah.
  9. Terdapat lipatan kulit di sekitar leher, ketiak, siku, pangkal paha, dan lutut yang berwarna lebih merah dibanding kulit sekitar.

Ruam kulit muncul akibat racun yang dilepaskan oleh bakteri penyebab demam scarlet dan biasanya muncul selama sekitar satu minggu. Racun yang sama juga menyebabkan lidah menjadi berwarna merah. Setelah gejala-gejala ini mereda, maka kulit yang tadinya terkena ruam akan terkelupas.

Demam scarlet juga dapat timbul sebagai infeksi sekunder pada seseorang yang tengah mengidap penyakit lain, seperti cacar air. Segera hubungi dokter untuk mencegah perburukan akibat komplikasi serius. Jika anak Anda mengalami radang tenggorokan yang disertai: demam 38.9 derajat Celcius, pembesaran kelenjar di leher, dan muncul ruam merah, Anda juga disarankan untuk segera menemui dokter.

Pengobatan Demam Scarlet

Beberapa penanganan sendiri di rumah juga bisa dilakukan agar pasien merasa lebih nyaman sehingga dapat turut mengurangi rasa sakitnya, seperti menyiapkan kecukupan asupan cairan untuk menjaga kelembapan tenggorokan dan membantu mencegah dehidrasi. Upaya meredakan demam dan sakit tenggorokan juga bisa dilakukan dengan pemberian obat-obatan, seperti ibuprofen dan acetaminophen. Langkah-langkah lainnya, yaitu:

  1. Siapkan larutan air garam untuk dikumur-kumur. Upaya ini efektif dalam membantu meringankan sakit tenggorokan.
  2. Permen pelega tenggorokan juga bisa digunakan untuk meredakan radang tenggorokan.
  3. Gunakan alat yang dapat menghilangkan udara kering pemicu radang tenggorokan. Pastikan juga sirkulasi udara di dalam ruangan terjaga
  4. Hindari pemicu iritasi lain, seperti asap rokok, dan produk pembersih.
  5. Sediakan makanan yang nyaman bagi tenggorokan, seperti sup hangat dan hidangan dingin kecil, seperti es batangan untuk menyejukkan radang tenggorokan.
  6. Gunakan losion dengan kandungan calamine atau antihistamin untuk meredakan gatal yang muncul.
  7. Hindari mengelap penderita dengan air dingin. Air dingin menyebabkan kontraksi pembuluh darah sehingga mengurangi pelepasan panas akibat demam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *