Komplikasi Demam Scarlet dan Pencegahannya

Posted on

Demam scarlet atau scarlatina adalah demam yang disertai ruam merah pada kulit yang disebabkan infeksi bakteri Streptococcus. Penyakit ini paling sering menimpa anak-anak yang berusia 5-15 tahun.

Komplikasi Demam Scarlet dan Pencegahannya
http://www.caracepatmengobati.web.id

Demam scarlet biasanya disertai dengan radang tenggorokan dan demam tinggi. Penyakit ini dapat berdampak kepada kondisi ginjal, jantung, dan anggota tubuh lainnya jika tidak segera diobati dengan antibiotik.

Demam scarlet disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pyogenes, yaitu bakteri penyebab radang tenggorokan. Bakteri ini kerap ditemukan pada kulit dan tenggorokan. Bakteri Streptococcus ini dapat ditularkan melalui percikan air liur ketika seseorang yang terinfeksi bersin atau batuk.

Seseorang juga dapat tertular ketika menyentuh kulit penderita yang terinfeksi bakteri atau berbagi handuk, seprai, pakaian, hingga bak mandi dengan penderita. Pengidap yang tidak mengalami gejala, namun memiliki bakteri ini di kulit atau tenggorokannya, dapat menulari bakteri ini juga. Oleh karena itu, bakteri akan dapat menyebar dengan mudah pada orang-orang terdekat atau orang yang sering berada dekat dengan penderita,. Seperti keluarga, rekan kerja sekantor, atau teman sekelas.

Seseorang yang telah terinfeksi bakteri dapat merasakan gejala atau sakit dalam kurun waktu 2-4 hari semenjak terpapar bakteri, namun bisa juga dalam periode yang lebih pendek, 1 hari, atau lebih lama, 7 hari.

Komplikasi Demam Scarlet

Jika tidak segera ditangani dengan pemberian antibiotik, bakteri dapat menyerang organ tubuh lainnya seperti:

  1. paru-paru.
  2. ginjal.
  3. telinga bagian tengah.
  4. amandel.
  5. darah.
  6. dan kulit.

Pada kasus yang jarang terjadi, komplikasi yang muncul dapat berupa demam rematik, sebuah kondisi serius yang menyerang sistem saraf, kulit, sendi, dan jantung.

Pencegahan Demam Scarlet

Mencegah demam scarlet dapat dimulai dengan mencegah terjadinya penyebaran bakteri yang menjadi penyebab penyakit ini. Beberapa tindakan pencegahan infeksi yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Membiasakan cuci tangan dengan air sabun yang hangat hingga bersih.
  2. Jangan menggunakan peralatan makan yang sama atau bergantian dan hindari berbagi makanan agar bakteri tidak menyebar kepada orang yang tidak terinfeksi.
  3. Cucilah perangkat makan, dan mainan jika memungkinkan, setelah penggunaan.
  4. Bagi Anda yang sedang mengidap demam ini, menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin penting untuk dilakukan demi mencegah bakteri menyebar luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *